Friday, January 08, 2010

Dicari partner untuk memasarkan produk anda !

Pernah anda mengamati iklan lowongan pekerjaan yang ada di berbagai media cetak?

Kalau saya tidak salah mengamati, tawaran kerja yang paling banyak diiklankan atau dicari adalah sales representative atau sales marketing. Memang banyak juga pekerjaan lain yang tidak berbau pemasaran, tapi sales tetap jadi primadona. Sales dicari dimana-mana. Ya, kalau tidak percaya, silakan buktikan sendiri. Hitung perbandingan antara permintaan sales dengan tenaga yang lain.


Ini tandanya semua perusahaan membutuhkan tenaga penjual. Kita butuh orang untuk memasarkan barang dagangan kita. Tidak peduli bagaimanapun canggihnya produk anda, betapapun hebatnya strategi marketing anda, anda tetap membutuhkan orang pintar yang mau menjual produk ini. Bukankah begitu?

Bahkan, sekarang yang dibutuhkan bukan cuma orang pintar saja, tapi juga orang cakep. Saya sendiri belum tahu apakah ada riset yang membuktikan wanita cantik dan laki-laki ganteng bisa menjual produk lebih banyak daripada yang tidak cantik dan ganteng.

Baik, entah cantik atau tidak, ganteng ataupun biasa-biasa saja, kita mutlak membutuhkan orang lain untuk membantu kita berjualan. Untung saja kita main di bisnis internet. Tampang kita lumayan atau pas-pasan, mungkin orang tidak akan peduli.

Kerja keras memasarkan bisnis internet ada di kekuatan jaringan dan ketelatenan menguji coba trik-trik penawaran. Marketing kita tak perlu banyak bicara di depan orang secara langsung. Kita masih punya kekuatan sales letter yang bisa membius calon pelanggan.

Kita boleh bangga bisa menciptakan produk yang kualitasnya tiada tara, produk super yang tiada tandingannya. Tapi, kalau tidak ada orang yang mau membeli produk anda, terus bagaimana bisnis internet anda bisa bertahan?

Oke, sekarang mungkin anda berpikir, “Ya, saya akan rekrut tenaga pemasaran untuk produk saya.” Mari kita bahas ini sejenak. Dalam dunia internet marketing, yang dimaksud tenaga pemasaran bisa saja sama seperti di bisnis offline. Anda membuka lowongan dan pekerja yang lulus tes harus mengejar target bulanan. Jika bisa jualan dengan baik dan melebihi target, mereka dapat bonus.

Namun, sepertinya cara itu kurang pas diterapkan di dunia internet marketing. Kita perlu merekrut partner pemasaran. Oleh karena itu, model pemasaran yang paling digandrungi para pebisnis internet adalah affiliate program. Sampai saat ini, sistem inilah jalan keluar yang paling baik yang bisa menjembatani produsen dan konsumen.

Produsen terbantu dalam hal promosi, konsumen terbantu karena mendapatkan produk atau layanan yang dibutuhkannya, dan anda terbantu karena mendapatkan uang dari produk yang anda promosikan. Win win solution kan?

No comments:

Post a Comment